Waspada! Indonesia Juga Terancam Malware Android Penyedot Pulsa

Media Sosial

Sebagaimana laporan Avast, diyakini malware Android yang bisa “menyedot pulsa” bersemayam di Google Play Store. Ternyata, bukan berarti Indonesia bebas dari ancaman malware ini. Demikian pernyataan Eset Indonesia.

Yudhi Kukuh, Konsultan Teknis Eset Indonesia mengatakan sejauh ini belum ada laporan baik dari pengguna maupun sistem keamanan ponsel soal peredaran malware tersebut. Tapi ini tidak bisa diterjemahkan jika Indonesia aman dari serangan malware itu.

“Sampai sekarang belum ada laporan. Individu maupun sistem belum ada yang melaporkan,” kata Yudhi mengutip dari CNN Indonesia.

Ia melanjutkan, di Eropa memang sudah banyak kejadian seperti ini dan masif dilaporkan. Sedangkan di Tanah Air belum ada. Jika program jahat yang menempel pada aplikasi bisa lolos di Google Play, maka program tersebut dinilai memiliki kode yang sukar dideteksi.

Meski demikian, penyebaran malware di ponsel cukup terbatas dan tidak secepat di komputer. Peluang masuknya program jahat ke Indonesia masih sangat besar. Ini tidak bisa disepelekan. Senada dengan Yudhi, pendiri PT Vaksincom, Alfons Tanujaya menyebut jika Indonesia masih belum terjangkau oleh infeksi program jahat ini. Namun, jangkauan infeksi malware bisa cepat mencapai Indonesia.

“Belum ada laporan, tapi rasanya dalam waktu dekat bisa saja terjadi. Peluangnya cukup besar mengingat jumlah pengguna Android di Indonesia yang sangat besar,” jelasnya.


Popular tags : NagaPoker, DewaPoker, Poker88, ElangPoker, Pokercc, JayaPoker, RemiPoker, AfaPoker, ImcPoker, GalaxyPoker, CrownPoker88, UbcPoker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>