RI Bergantung Impor Bahan Baku Pakan Ikan dari Chili dan Peru

Jakarta -Kebutuhan tepung ikan (fish meal) sebagai bahan baku pakan ikan di dalam negeri cukup besar, setiap tahun Indonesia memproduksi pakan ikan 150.000-200.000 ton. Sayangnya tepung ikan tersebut harus diimpor dari Chili dan Peru.

“Fish meal semua pabrik pakan perlu yang impor. Ada ketentuan juga beberapa produk untuk udang dan ikan yang diekspor perlu fish meal impor karena fish meal impor memiliki sertifikasi,” ungkap Ketua Divisi Pakan Aqua Culture Denny Indrajaja saat ditemui di ruang kerja Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Gedung Mina Bahari I, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (13/02/2015).

Sertifikasi yang dimaksud adalah proses pembuatan tepung ikan impor memiliki prosedur yang cukup ketat. Misalnya ikan kecil sebagai bahan baku tepung ikan menggunakan jaring khusus. Tidak hanya itu kandungan protein yang ada di tepung ikan harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan internasional.

“Tepung ikan dari Chili dan Peru nangkap ikannnya yang ibu sekarang bikin jaring diatur, karena begitu. Kalau di sini apapun ditangkap,” katanya.

Tepung ikan impor ditambahkan Denny banyak digunakan untuk bahan baku campuran. Selain itu, tepung ikan impor juga dipakai sebagai cadangan kebutuhan tepung ikan di dalam negeri yang produksinya naik turun.

“Untuk campuran tetapi untuk ikan dan udang yang diekspor bukan ikan murah. Impornya dari Chili dan Peru karena terbaik. Produksi kita besar hanya produksinya fluktuatif kadang ada, kadang tidak,” katanya.

Denny mengungkapkan harga tepung ikan impor jauh lebih mahal dibandingkan tepung ikan lokal. Oleh karena itu ia meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dapat mengembangkan tepung ikan seperti yang diproduksi di Chili dan Peru.

“Kita lebih baik pakai lokal lagian lebih murah dan tidak pakai dolar. Kalau impor kita pakai L/C dulu kan,” jelasnya.

Menurut data Divisi Pakan Aqua Culture, impor tepung ikan dari tahun ke tahun terus meningkat. Di tahun 2010 impor mencapai 39.262 ton, 2011 mencapai 75.148 ton, 2012 mencapai 65.793 ton, 2013 mencapai 60.000 ton, dan 2014 mencapai 50.000 ton.

(wij/hen)

 

Popular Tag :

DewaPoker, DewaPoker Asia, Tips DewaPoker, Link Alt DewaPoker, Dewa Poker, dewa poker asia, JayaPoker, Info JayaPoker, JayaPoker Asia, UbcPoker, UbcPoker Asia, UbcPoker online, Dominobet, Dominobet Asia, daftar Dominobet, poker88, daftarpoker88, link alt poker88, imcpoker, pokerboya, pokerboya asia, nagapoker, daftar nagapoker, elangpoker, daftar elangpoker, info elangpoker, remipoker, daftar remipoker, Domino88, daftar domino88, daftar mpo88, masterpoker88galaxypoker, daftar galaxypoker, afapoker, daftar afapoker, info afapoker, pokercc, daftar pokercc, texaspokercc, Pokercc Asia, pokervovo, daftar pokervovo, bejopoker, daftar bejopoker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>