Malaysia Punya Masjid Terapung Secantik Ini

Kinabalu – Jika biasanya Anda mampir ke Kuala Lumpur saat traveling ke Malaysia, lain kali cobalah datang ke Kinabalu. Ada berberapa destinasi atau objek wisata yang menarik di sana, seperti masjid terapung bernama Masjid Bandaraya. Cantik sekali!

Dalam perjalanan ke Kinabalu, saya bersama rombongan wartawan dari acara LG InnoFest 2015 diajak berkeliling kotanya. Kesan bersih dan asri amat terasa. Jalanan pun lancar, tidak macet dan semua kendaraan tertib berlalu lintas.

Waktu menunjukan sekitar pukul 17.00 waktu setempat, bus yang saya tumpangi berhenti sejenak di kawasan Likas yang berlokasi sekitar 3 km dari pusat Kota Kinabalu atau sekitar 30 menit dari Bandara Kota Kinabalu. Di sini, seperti yang sudah pihak panitia beritahukan sebelumnya, terdapat masjid terapung.

Dari pinggir jalan, terlihat masjid yang besar dengan kubah besar berwarna biru, bercat putih dan empat menara yang menjulang tinggi. Ini dia, Masjid Bandaraya yang merupakan masjid terapung itu!

Masjidnya dibangun di atas laguna buatan yang meghadap Laut China Selatan. Sejarahnya, Masjid Bandaraya diresmikan pada tanggal 2 Februari tahun 2000 silam dan hingga kini sudah jadi kebanggaan masyarakat setempat serta destinasi wisata religi.

Dari informasi yang saya dapatkan dari situs Islamic Tourism Centre of Malaysia, empat menara dari Masjid Bandaraya meniru gaya menara yang ada di Masjid Nabawi di Madinah. Sedangkan kubahnya yang berwarna biru, seperti masjid-masjid yang ada di kawasan Timur Tengah.

Masjid Bandaraya mampu menampung hingga 12 ribu jamaah. Turis pun dipersilakan untuk menengoknya ke dalam. Tapi sayang, karena diburu waktu saya berserta rombongan tidak bisa masuk ke dalamnya. Hanya berfoto-foto dari luar saja.

Tapi tak mengapa, saya sudah merasa sangat puas melihat Masjid Bandaraya yang juga dikenal dengan nama City Mosque ini. Masjidnya yang terapung di atas air yang tenang, membuat panoramanya sungguh elok dipandang. Ditambah refleksi bayangan masjid di atas airnya, Subhanallah cantiknya!

Hanya sekitar 15 menit, saya dan rombongan harus melanjutkan perjalanan selanjutnya. Berat hati meninggalkan masjid ini tapi itinerary harus sesuai dengan rencana. Semoga saya bisa datang kembali dan bisa bersujud di dalamnya.
Menara masjidnya seperti menara Masjid Nabawi (Afif/detikTravel)Rombongan wartawan yang berfoto dengan latar masjidnya (Afif/detikTravel)Masjid terapung yang cantik (Afif/detikTravel)Suasana di sekitar masjid (Afif/detikTravel)2,111 share this. 1,746 share this. 1,650 share this. 1,196 share this. 1,123 share this. 810 share this. 796 share this. 537 share this. 378 share this. 314 share this.
Popular tags : NagaPoker, DewaPoker, Poker88, ElangPoker, Pokercc, JayaPoker, RemiPoker, AfaPoker, ImcPoker, GalaxyPoker, CrownPoker88, UbcPoker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>