Bermakna Pemersatu, Logo Lima Ring Olimpiade Justru Jadi Perkara di Indonesia

Jakarta – Dua payung organisasi olahraga tanah air, KONI dan KOI, terlibat perseteruan soal logo organisasi. Padahal, IOC memilih lima ring yang saling terkait itu sebagai simbol persatuan seluruh dunia.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) terus bergesekan. Sempat ada ketidakharmonisan antara dua pemegang pucuk pimpinan, ribut-ribut itu mereda. Tapi, kemudian malah muncul babak baru. Belakangan, dua lembaga itu berebut logo IOC (International Olympic Committee) yang juga logo Olimpiade dengan desain lima gelang dengan dasar putih itu.

Logo IOC berupa lima gelang berwarna-warni: biru, kuning, hitam, hijau, dan merah yang saling bertautan dan punya latar belakang putih. Logo itu kemudian dikenal sebagai gelang Olimpiade.

Banyak yang menyangka logo tersebut mewakili benua-benua di dunia. Biru untuk Eropa, kuning untuk Asia, hitam mewakili Afrika, hijau untuk Australia dan Oceania, dan Merah untuk Amerika.

IOC sendiri pernah terjebak dalam asumsi tersebut dan menuangkan dalam AD/ART di tahun 1951. Namun, dalam Standart Charter yang menjadi acuan kerja IOC hingga saat ini menyebutkan kalau logo tersebut merepresentasikan persatuan lima benua di dunia dan bertemunya para atlet dari seluruh dunia di Olimpiade dan warna itu tak mewakili sebuah negara atau benua secara spesifik.

ICO juga menyebut simbol itu menguatkan ide kalau Olympic Movement bersifat internasional dan mengajak semua negara di berbagai belahan dunia untuk bergabung.

Jika dirunut, sejarahnya logo itu didesain oleh Pierre de Coubertin. Dia lah pendiri Olimpiade modern dan kemudian dikenal sebagai bapak Olimpiade modern. Logo tersebut sudah diciptakannya pada 1812. Artinya sudah berumur lebih dari satu abad. Next

(fem/din)
Popular tags : NagaPoker, DewaPoker, Poker88, ElangPoker, Pokercc, JayaPoker, RemiPoker, AfaPoker, ImcPoker, GalaxyPoker, CrownPoker88, UbcPoker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>